Rabu, 03 Agustus 2016

UAS BP4 KUNJUNGAN TAMAN SAFARI PRIGEN

BP4 - BUSINESS FUNCTION (STUDI EXCURSIE DI TAMAN SAFARI INDONESIA II PRIGEN)


28 Juli 2016, PERTI ASIA Malang mengadakan studi eksursi untuk mata kuliah BP4 di Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan. Dalam kegiatan kali ini, kami diajak untuk mengenal lebih jauh tentang manajemen bisnis mengenai perusahaan jasa pariwisata ini, supaya kami para Mahasiswa/i ASIA dapat memahami dan mengerti bahwa di dalam perusahaan jasa pariwisata Safari, terdapat unsur manufaktur dan retail (bukan sepenuhnya jasa) dengan empat fungsi bisnis masing-masing mempunyai aktivitas yang berbeda dalam perusahaan. Sebelumnya, simak cuplikan dari kegiatan BP4 di Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan. 
Untuk pembahasan yang pertama yaitu tentang "Service" atau dengan kata lain pelayanan yang dimiliki oleh Taman Safari Indonesia. Pelayanan yang pertama sudah pasti adalah menyediakan jasa pariwisata, karena konsep yang dimiliki oleh perusahaan ini memang berfokus pada pariwisata. Yang kedua ada layanan Edukasi, dimana edukasi yang diberikan mengacu kepada edukasi tentang pemberdayaan hewan-hewan maupun tentang pemanfaatan sumber daya yang dikelola dari hasil penelitian dari pemberdayaan hewan. Dan yang terakhir adalah "Adventure", layanan ini disediakan bagi para pengunjung yang ingin menikmati waktu berliburnya bagi mereka yang ingin mendekatkan diri dengan alam yang asri.
Selanjutnya dalam segi manufaktur, Taman Safari Indonesia memanfaatkan limbah dari pemberdayaan hewan-hewan menjadi sebuah produk yang bermanfaat dalam bidang pertanian juga dalam bidang furnitur. Limbah hewan yang ada dikelola menjadi pupuk organik sehingga pengolahan limbah menjadi bisnis baru tanpa mengganggu fokus utama dari perusahaan ini. 
Taman Safari Indonesia juga mengolah limbah tersebut menjadi bahan baku dalam pembuatan furnitur. Taman Safari Indonesia ini adalah pertama kali dan satu-satunya perusahaan yang memiliki terobosan baru dalam pengolahan bahan furnitur dari hasil limbah hewan sehingga dengan adanya penemuan ini maka untuk kedepannya penggunaan bahan baku furnitur dapat dijangkau dengan cara yang lebih efisien dan efektif. Terobosan lain yang diteliti dan dikembangkan oleh Taman Safari Indonesia adalah produksi hewan. Dalam pengembangan ini, Tim Taman Safari Indonesia melakukan riset dengan meneliti hewan-hewan dengan mengkawin silangkan hewan sehingga menghasilkan jenis hewan baru yang memiliki keunikan tersendiri. Dari pengembangan yang telah berhasil mereka lakukan, hasilnya dapat mencapai sesuai dengan ekspektasi sehingga dapat menjadi ilmu baru bagi kita semua dan bagi para penerus bangsa di masa yang akan datang.
Sekian beberapa informasi yang bisa Saya uraikan kepada para pembaca, dan satu hal yang ingin Saya sampaikan yaitu "cintai dan jagalah bumi ini, karena penyesalan akan menghantui umat manusia ketika bumi kehilangan keindahannya.". Terima Kasih.

1 komentar: