Rabu, 20 April 2016

KULIAH TAMU BP4 STIMIK/STIE ASIA MALANG "RETAIL BANKING & 4 FUNGSI BISNIS DALAM PERUSAHAAN JASA"



Kamis, 21 April 2016 yang bertepatan dengan hari kartini saya mengikuti kuliah tamu dengan pembicara ibu Mutia Amanatillah Tasya. Beliau adalah seorang Retail Banking Officer Bank Bukopin Malang sejak tahun 2015 hingga sekarang. 
Pertama-tama sebelum mengawali kuliah tamu, kita bersama diajak oleh ibu theresia untuk melakukan salam pembuka ASIA "ASIA OK OK YES"
Selanjutnya langsung saja kuliah tamu dimulai, kuliah tamu kali ini sangat menyenangkan karena materi yang diberikan beliau sangat mudah dipahami dan penyampaian materi yang sangat menyenangkan. Pertama untuk memulainya kita diajak untuk menebak warna dan tulisan yang mengartikan manusia selalu konflik antara otak kiri dan otak kanan, maka semua dibutuhkan konsentrasi yang penuh. 
Setelah tebak warna selesai, Ibu Mutia melanjutkan materi mengenai Retail Banking dan Fungsi Bisnis Dalam Perusahaan Jasa.

BANK
Banca (bahasa italia) adalah tempat penukaran uang.
-  Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 --- 3 kegiatan yaitu menghimpun dana (funding) , menyalurkan dana (lending), dan memberikan jasa bank lainnya.

Perbankan adalah bisnis yang berdasarkan kepercayaan (trust)
Bank merupakan bisnis kepercayaan dimana bank memainkan peranan intermediasi antara pihak yang memiliki dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Didalam bisnis Funding, nasabah menaruh kepercayaan kepada sebuah bank, dimana mereka hanya akan menyimpan uang mereka di bank yang mereka percaya. sebaliknya, dalam bisnis lending, bank yang menaruh TRUST kepada nasabah bahwa nasabah memiliki kemampuan untuk mengembalikan uang yang mereka pinjam.

JENIS-JENIS BANK
- Bank Sentral (penerbitan uang dalam suatu negara dan mempertahankan konversi uang tsb.)
- Bank Umum
- Bank Pengkreditan Rakyat / BPR (tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran)
- Bank Syariah (beroperasi berdasar prinsip bagi hasil)

Kerja di Bank, apa menariknya???
- Life Time Relationship - seluruh bagian dari siklus hidup manusia dapat dilayani oleh bisnis Consumer Banking
- Sistem kompleks paling aman (BI, OJK, LPS, Asuransi)
- Gaji dan Kesejahteraan terjamin (gaya hidup normal)
- Berbagai program yang menghasilkan insentif
- Jenjang karir yang sangat terbuka
- Care terhadap penampilan, komunikatif dan percaya diri

Dari penjelasan yang disampaikan oleh ibu Mutia, adapula video yang beliau tampilakn ditengah-tengah pemaparan materi, video pertama adalah video seorang anak gadis yang memiliki badan gendut yang berusaha sekuat tenaga naik bukit mengisi sumur dengan air, meskipun sangat lelah, terjatuh dan diejek oleh teman-temannya dia tidak memperdulikan itu semua dia tetap berjalan dan terus mengisi sumur hingga penuh, hari berganti hari hingga gadis itu tidak menyadari tubuhnya yang sudah kurus berkat usahanya naik bukit mengisi sumur dengan air. dari video ini kita diajarkan bahwa untuk menjadi sukses itu hanya tergantung pada diri dan usaha kita sendiri, karena untuk menjadi sukses bukanlah hal yang gampang, kita harus berusaha sekuat tenaga kita untuk mencapai itu semua.
video kedua, adalah segerompolan semut yang saling bergotong royong membawa makanan dan seekor semut yang paling belakang tertimpa masalah yaitu dihirup oleh seekor gajah, semua teman semut membantunya dengan membuat segerompolan menyerupai bola yang dihirup oleh gajah, akhirnya gajah yang tidak bisa bernafas karena segerompolan semut yang terlalu besar. dalam video kedua ini kita diajarkan pula untuk menjalin kerja sama yang baik dalam sebuah tim atau kelompok. Setelah pemaparan materi berakhir kemudian dibukalah sesi tanya jawab dan perkulihaan tamu selesai.


~TERIMAKASIH~
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar