Rabu, 13 April 2016

KULIAH TAMU BP4 STIMIK/STIE ASIA MALANG


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLrME9ko4gaIL3s_I82om8a1p2gXf3yIgN31bu9qQboP3OeNLidHOvwWKFP0tAzdR1j5kLHvg0zcHe9q2F82OYPJd3GfrjAzrykB42siG3dRFuxdKC86GrAk_UPC4yRi2mZTCYSQi7bG1L/s1600/Logo-ASIA-Malang.png 

 
     Kamis, 7 april 2016 saya mengikuti kuliah tamu Business Practice 4 dengan pembicara Dr. David Sukardi Kodrat, MM., CPM. Beliau adalah seorang dekan pascasarjana universitas ciputra, Beliau juga direktur pusat riset dan Disein alas kaki PURISAKI, serta wakil, serta wakil ketua asosiasi pesepatuan Indonesia. Dengan judul seminar "Aktivitas Utama dan 4 Fungsi Bisnis pada Perusahaan Manufaktur, Retail, dan Service"

Beliau lahir  dipurwokerto, 4 Desember 1968 dan menyelesaikan Program Doktor di Universitas Brawijaya Malang dan telah menyelesaikan sertifikasi profesional Certified Professional Marketer. Beliau juga memiliki pengalaman kerja di bidang distribusi, merancang pengembangan, dan operasional pabrik di Orang Tua Group, serta berpengalaman membantu mahasiswa melakukan Start Up Business dan Pengembangan Bisnis.
Kuliah tamu yang disampaikan Bapak David sangat menyenangkan karena diawal kuliah tamu para mahasiswa diajak untuk melakukan senam otak terlebih dahulu untuk menguji ketangkasan dan kekompakan kami.
Setelah permainan senam otak selesai Bapak David pun kembali melanjutkan kegiatan dengan pemaparan materi mengenai karakteristik dan hal-hal yang berkaitan tentang perusahaan Manufaktur, Retail, dan Service

Jenis – jenis perusahaan dagang, jasa, dan perusahaan manufaktur

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan.
Perusahaan Dagang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan.
Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya menjadi barang yang dijual kepada pelanggan.
 
Contoh pada perusahaan jasa adalah Salon Johnny Andrean. Ilmu salon beliau diperoleh dari ibunya, dari mulai menjadi tukang keramas pada tahun 1975 hingga memperluas ilmu keramas rambut di London. Johnny Andrean berhasil membuka salon pertamanya di Jakarta Utara. Keterampilan tangan dan keramahan pelayanan Johnny dengan cepat menyebar dari mulut ke mulut sehingga sampai sekarang usahanya tersebar dimana-mana.
Contoh perusahaan retail yaitu PT. Arta Boga Cemerlang. PT tersebut berdiri tahun 1985. Saat ini, PT. Arta Boga Cemerlang menjadi salah satu perusahaan distribusi terbesar di Indonesia yang mengkhususkan diri pada distribusi produk kebutuhan sehari-hari. PT. Arta Boga Cemerlang memiliki jaringan distribusi yang kuat di seluruh Indonesia baik di Kota besar maupun Kota kecil sekalipun, dan memiliki 3 Divisi, yaitu Divisi Food and Confectionaries (FC), Divisi Personal Care (PC), dan Divisi Sweet Water Plus (SW+).
Contoh perusahaan manufaktur yaitu PT. Denso Indonesia. PT DENSO INDONESIA merupakan perusahaan joint venture antara DENSO CORPORATION dan PT Astra International di dalam grup PT Astra Otoparts Tbk., yang bergerak dibidang manufaktur komponen otomotif, dengan produknya seperti Spark Plug, Car/Bus/Truck AC, Radiator, Filter, Magneto, dan lain-lain. 
Berdiri tahun 1975 di Sunter, Jakarta Utara, kini sudah berkembang menjadi sebuah Group Company yang dinamai DENSO INDONESIA GROUP dengan jumlah total karyawannya di awal tahun 2015 sudah mencapai 6100 karyawan.
DENSO INDONESIA GROUP terdiri dari 4 perusahaan, yakni :
  1. PT DENSO INDONESIA
  2. PT DENSO SALES INDONESIA
  3. PT HAMADEN INDONESIA MANUFACTURING
  4. PT TD AUTOMOTIVE COMPRESSOR INDONESIA
    Setelah pemaparan materi selesai beliau memberikan kesempatan kepada Mahasiswa/i untuk bertanya. Setelah semua pertanyaan terjawab berakhir pula kuliah tamu bersama beliau. Demikian serangkaian kegiatan kuliah tamu BP 4 STMIK/STIE ASIA MALANG

    ~TERIMAKASIH~

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar